May 22, 1999

Khusus post berikut saya tulis dalam bahasa Indonesia ...

Saat saya sekolah dulu, slogan kota Bandung adalah "Bersih, Hijau, dan Berbunga" (Berhiber). Saya tidak tahu apakah saat ini slogannya masih sama atau tidak, tapi yang pasti, Bandung tidak lagi hijau di banyak tempat. Menurut saya sih karena Bandung sudah terlalu sesak, terlalu banyak penduduknya. Ah, capek membahas masalah kependudukan begini ...

Meskipun begitu, masih ada tempat-tempat yang 'hijau' dan teduh seperti dalam foto berikut ini. Foto ini adalah view di Jalan Nyland. Hijau banget ya?


Saya tidak tau apa nama pohonnya, mungkin mahoni karena biji mahoni berserakan di bawahnya, namun kelihatan sekali kalau pohon-pohonnya sudah tua, diameternya saja lebih besar dari pelukan saya.

Saya ingin sekali melihat kota Bandung menjadi 'Hijau' di mana-mana.  Setiap rumah ditanami pohon, setiap bangunan memiliki area hijau dengan pohon-pohonnya, setiap anak cinta pohon, setiap orang merawat pohon, dst. Kapankah?